Seputar Komputer

A. CARA MENAMBAHKAN KALENDER HIJRIAH DI WORDPRESS

Bismillahirahmanirohiim. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pernahkah kalian merasa ingin menambahkan kalender di blog kalian? Saat semua post sudah lengkap, traffic pun tinggi, tapi kalendernya tidak ada? Nah, untuk post kali ini, yang akan dibahas hanya cara menambahkan kalender Hijriah/kalender Islami saja. Penasaran? Yuk, Langsung ke TKP! :)

1. Pertama-tama, kunjungi Islamic Calendar.

2. Kalian akan melihat berbagai macam pilihan kalender di website itu. Pilihlah salah satu kalender yang kalian suka, lalu klik tombol “Get This Widget“.

3. Kalian akan langsung masuk ke halaman baru dimana kalian bisa mengedit kalender itu sesaat sebelum kalian mengambil kode HTML-nya. Ada berbagai macam pilihan di sana. Sesuaikan kalender itu sampai pas dengan keinginan dan selera kalian .

4. Setelah kalender itu dirasa sudah cocok, klik tombol “BLOG ME!” di bagian bawah. Bentuk tombolnya seperti ini.

Tombol BLOG ME!

Tombol BLOG ME!

5. Klik tombol itu, tunggu sebentar sampai kotak dialog-nya terbuka, lalu akan muncul pilihan-pilihan logo. Pilih logo WordPress.

6. Akan muncul sebuah kode. Copy-paste kode itu, masuk ke menu Widget, lalu masukkan kode kalender itu ke widget Text/Teks. Juduli sesuka hati. Tutup menu widget, lalu buka blog kalian dan lihat hasilnya.

Akan muncul sebuah kalender di sidebar blog kalian, bukan? Apabila kalendernya sudah muncul, berarti langkah-langkah tadi sudah berhasil. Selamat mencoba !!!

♦♦♦♦

B. PENYEBAB KOMPUTER SERING RESTART SENDIRI DAN CARA MENGATASINYA

restart komputerMungkin para sahabat juga pernah mengalami hal yang sama seperti yang saya alami, pas lagi ngebut-ngebutnya ngerjain tugas tiba-tiba komputernya restart sendiri, dan itu berulang-ulang bukan cuma 2 atau 3 kali.

Pernah mengalami hal yang demikian ???. Saat sangat dibutuhkan tiba-tiba restart sendiri tentu sangat menjengkelkan, membuat kesal dan uring-uringan sendiri. Betul tidak?

Layaknya manusia, komputer juga butuh perawatan biar berjalan normal. Nah, sekarang mari kita coba pelajari Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya, sepertui yang saya baca dari saran mbah google.. he he.

Yuk, kita mulai saja ya….

1.  Komputer sering restart karena Processor overheating (terlalu panas).

Cara cek processor yang overheating (terlalu panas) :

  • Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
  • Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
  • Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor

Penyebab Processor yang overheating (terlalu panas):

  • Putaran kipas / fan pendingin Processor yang sudah menurun (putaran pelan).
  • Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer berdebu.
  • Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Pendinginnya.
  • Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.

Cara Service Komputer yang Sering Restart akibat overheating/kepanasan :

  • Bersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor secara berkala dengan kuas kecil atau gunakan blower jika ada.
  • Lapisi ulang processor dengan thermal paste, sebelumnya buang/kerik thermal paste kering yang nempel di processor/pendinginnya.
  • Tempatkan komputer di ruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC), gunakan kipas tambahanan jika perlu
  • Gunakan program monitoring temperatur, misalnya CPUID Hardware Monitoruntuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor.

2. Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya.

Kurangnya daya Power Supply dapat menyebabkan komputer sering restart.Penyebab power suply kurang daya adalah menurunnya putaran kipas atau matinya Kipas power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Apabila anda merasa curiga dengan performa Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Semakin besar daya/watt power suply semakin bagus.

3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak

Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.

4. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector

Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau komputer ga bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah kerusakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown.

5. Komputer sering restart karena RAM rusak

RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart, hal ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Saat itu komputer selalu restart ketika dinyalakan meskipun saya telah memastikan tidak ada masalah dengan hardware yang lain, komputer tetap tidak bisa booting dan selalu restart meskipun masuk ke windows safe mode. Saya kemudian mengganti RAM yang terpasang, dan akhirnya komputer bisa berjalan normal kembali.

6. Komputer sering restart karena Terkena Virus

Virus salah satu sebab yang bisa menyebabkan komputer sering restart/Bahkan dengan virus bisa membuat komputer restart terus memerus dan tidak bisa masuk kedalam system. Biasanya ada salah satu file load yang terhapus oleh virus. Biasanya memperbaikinya bisa lewat SAFE MODE, Jika sudah terlalu parah  maka harus di install ulang.

Kita sudah mempelajari Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya, masih banyak  Penyebab lain Komputer Sering Restart Sendiri, dan semoga artikel ini bisa jadi salah satu referensi. Salam..

♦♦♦♦

C. CARA MEMBUAT WEBSITE GRATIS BAGI PEMULA

Salam Tutorial.. Walaupun sudah banyak artikel yang menulis tentang membuat Website Gratis Untuk Pemula, tapi masih ada loh yang belum tahu,  makanya kali ini saya sengaja menulis tentang Cara Membuat Website Gratisan Untuk Pemula.

Tutorial Cara Mudah Membuat Webstie Gratis Bagi Pemula ini merupakan tutorial yang saya buat khusus untuk para pemula dalam dunia pemrograman Website. Tutorial ini saya harapkan membantu dan mendorong bagi sobat yang ingin memiliki Website Pribadi khususnya,, dan menjadi tambahan wawasan bagi sobat yang lagi mendalami dunia Pemrograman Website. .

Tidak Semua orang  jago dalam peng_coding_an yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah Website. Mungkin ada sebagian diantara para sobat pemula dalam dunia website  yang ingin memiliki website pribadi, namun masih bingung bagaimana cara membuat website, minimal website pribadi untuk dirinya sendiri.

Sebenarnya Mudah/Sulit membuat Website Itu tergantung Kemauan kita.

Kenapa Saya katakan Demikian.  Karena memiliki Website bukanlah hal yang mutlak “Hanya untuk Seorang Programer Website” , Tapi untuk Orang yang tidak tahu coding sama sekali bisa memiliki Website.

Ada banyak Cara Untuk Membuat Website Gratis Bagi Para Pemula. Banyak sekali Platform yang bisa kita manfaatkan. Berbagi Platform seperti Content Managemen System (CMS) dapat kita manfaatkan untuk membuat website dengan mudah dan Cepat dan Pastinya Gratis.

Dengan Hadirnya CMS, Kita dapat membuat Website dengan sangat mudah dan cepat, tanpa harus terjun atau mendalami coding-coding yang tentu sangat membingungkan.

Adapun CMS yang sangat populer digunakan dan sudah terbukti hasilnya menurut saya yaitu, Blogspot, WordPress dan Jomla. Tentunya Masing-Masing Mempunyai Kelebihan dan Kekurangannya masing-masing. Silahkan sobat cari sendiri di Google, tentang kelebihan dan Kekurangannya.

.. Namun Tetep aja.. Lebih powerful kalo kita buat sendiri dengan PHP dan MYSQL”

Untuk membuat website dengan menggunakan Blogspot Silahkan kunjungi Websitenya di http://www.blogger.com , Proses Pendaftaran Sangat Gampang,, Banyak tutorial-tutorial tentang “cara mendaftar di blogspot/Cara membuat blog dengan blogspot” . Tutorial-tutorial yang lainnya untuk membuat website dengan blogspot juga bertaburan di internet. silahkan searching sendiri di Google.

Jika anda ingin menjajal WordPress, anda bisa download paket wordpress  di http://wordpress.org/ . Dan Setelah itu instal di hosting. Anda bisa mencoba hosting gratisan dari www.idhostinger.com/ . Namun ada juga WordPress yang tanpa menginstal di hosting, maksudnya anda langsung bisa menggunakan sekali mendaftar , Kunjungi http://www.wordpress.com

Jika anda ingin menggunakan Joomla anda bisa download paket bundle nya dihttp://www.joomla.org/  dan kemudiandi hosting. Anda bisa mencoba hosting gratisan dari www.idhostinger.com/

Tutorial-Tutorial Membuat website dengan menggunakan masing-masing layanan CMS di atas sangat banyak. Jika anda kesulitan. Silahkan tinggalkan Komentarnya. Saya akan memposting artikelnya, insyaAllah,,

Semoga artikel ini bermanfaat.

sumber : http://www.ebsof.com/2013/03/Cara-Mudah-Membuat-Website-Gratis-bagi-Pemula.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s